IndeksCalendarGalleryFAQPencarianMIJEN NETWORK TVGamesPendaftaranLogin

Share | 
 

 BI: Redenominasi Rupiah Hanya Hapus Beberapa Angka Nol

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
rataph_singh
BUPATI


Jumlah posting : 328
Points : 470
Join date : 13.07.10

PostSubyek: BI: Redenominasi Rupiah Hanya Hapus Beberapa Angka Nol   Tue Aug 03, 2010 10:43 pm

Redominasi Rupiah:
 
setuju

_________________
Kembali Ke Atas Go down
http://ruporupoganekoneko.blogspot.com
casndeho
BUPATI


Jumlah posting : 651
Points : 928
Join date : 13.07.10
Lokasi : kolong langit

PostSubyek: Re: BI: Redenominasi Rupiah Hanya Hapus Beberapa Angka Nol   Tue Aug 03, 2010 11:26 pm

bahasa sederhananya kepiye sih om?
10.000 jadi 10, penyebabnya apa? terus yen ora di redenominasi bakal kepiye? scratch

_________________
tansah kelingan pesene si mbah :
ojo dadi wong seng rumongso biso, ananging dadio wong seng biso rumongso.
Kembali Ke Atas Go down
http://mijennetwork.forumid.net
Capitano
KEPALA DESA


Jumlah posting : 145
Points : 194
Join date : 15.07.10
Age : 28

PostSubyek: Re: BI: Redenominasi Rupiah Hanya Hapus Beberapa Angka Nol   Tue Aug 03, 2010 11:51 pm



Jakarta - Pernahkan anda membayangkan untuk menerima gaji sebesar Rp 1.500 per bulan? Ya, kemungkinan besar hal tersebut akan terjadi kira-kira 5 tahun kedepan jika saat ini gaji anda sebesar Rp 1,5 juta.

Pasalnya, Bank Indonesia (BI) tengah melakukan kajian/pembahasan internal untuk dapat melakukan redenominasi. Redenominasi yaitu pengurangan nilai pecahan tanpa mengurangi nilai dari uang tersebut. Kasarnya, angka nol dalam sebuah pecahan akan dikurangi, jika dikurangi 3 angka nol maka Rp 1.000.000 akan menjadi Rp 1.000.

"Redenominasi itu prosesnya akan dibicarakan dulu dengan pemerintah dan presiden dan harus melalui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) baru kita sosialisasikan," ujar Gubernur Bank Indonesia terpilih Darmin Nasution di Gedung Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Sabtu (31/07/2010).

Darmin menuturkan, pihaknya akan segera menyampaikan hasil final pembahasan internal kepada pemerintah di tahun 2010. "Belum bisa diputuskan sekarang berapa angka nol yang dikurangi apakah 3 atau 4 namun hasil pembahasan akan diusahakan disampaikan ke pemerintah tahun 2010 ini," jelas Darmin.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Gubernur Bank Indonesia S Budi Rochadi mengatakan, dalam melakukan redenominasi membutu*kan waktu antara empat sampai lima tahun.

"Prosesnya tidak singkat, harus membutuhkan 4 sampai 5 tahun," katanya.

Menurut Budi, diperlukan adanya penarikan uang secara bertahap yang beredar di masyarakat. Seperti diketahu uang pecahan Indonesia yang terbesar saat ini Rp 100.000.

Uang rupiah saat ini tercatat mempunyai pecahan terbesar kedua di dunia, terbesar pertama adalah mata uang Vietnam yang mencetak 500.000 Dong. Namun tidak memperhitungkan negara Zimbabwe, negara tersebut pernah mencetak 100 miliar dollar Zimbabwe dalam satu lembar mata uang.

Budi menuturkan, untuk bisa melakukan penyederhanaan satuan uang tersebut membutu*kan sejumlah persyaratan. Setidaknya ada tiga syarat yang mutlak dipenuhi yaitu kondisi perekonomian yang stabil, inflasi rendah dan stabil, serta adanya jaminan stabilitas harga.

"Hal yang paling sulit dilakukan dengan cepat dan mudah adalah sosialisasi kepada seluruh masyarakat Indonesia yang mencapai ratusan juta jiwa," tukasnya.(dru/ang)

http://www.detikfinance.com/read/201...911023?topnews

Ngakunya sih bukan sanering "Redenominasi adalah praktek pemotongan nilai mata uang suatu menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukarnya. Iskandar menilai bahwa mata uang Indonesia idealnya diredenominasi dengan menghilangkan tiga angka nol. Dia mencontohkan, uang Rp 1.000 dipotong menjadi Rp 1 sementara uang Rp 10.000 menjadi Rp 10. Nilai uang ini harus dipastikan dapat digunakan untuk membeli barang yang sama.". kira-kira Indonesia siapkah?
Kembali Ke Atas Go down
Capitano
KEPALA DESA


Jumlah posting : 145
Points : 194
Join date : 15.07.10
Age : 28

PostSubyek: Re: BI: Redenominasi Rupiah Hanya Hapus Beberapa Angka Nol   Tue Aug 03, 2010 11:55 pm


luwih bingung maneh kalo Rp 1000 dipotong jadi Rp 1, trus duit Rp 500, Rp 200, Rp 100 gimana?
kenapa enggak 2 angka 0 aja yang dipotong?


Kembali Ke Atas Go down
rataph_singh
BUPATI


Jumlah posting : 328
Points : 470
Join date : 13.07.10

PostSubyek: Re: BI: Redenominasi Rupiah Hanya Hapus Beberapa Angka Nol   Wed Aug 04, 2010 12:25 am

Nana wrote:
 


Redominasi itu bukan pengurangan nilai tapi penyederhanaan nilai
jadi ngga ada masalah!!!!, hal ini malahan sebagai suatu kebijakan yang bagus di mana tingkat kestabilan ekonomi bagus dan tingkat inflasi yang terkendali
jadi menimbang hal di atas kalau laju pertumbuhan ekonomi semakin membaik daripada ngitung duite kebanyakan nol malah kesuwen lha redominasi itu yang nggawe gampang itung2 ane....(bahasane campur)tanpa mengurangi nilai min!!!! pokoke bagus lah........... setuju

_________________
Kembali Ke Atas Go down
http://ruporupoganekoneko.blogspot.com
casndeho
BUPATI


Jumlah posting : 651
Points : 928
Join date : 13.07.10
Lokasi : kolong langit

PostSubyek: Re: BI: Redenominasi Rupiah Hanya Hapus Beberapa Angka Nol   Wed Aug 04, 2010 12:45 am

setuja nek nu... setuju , nek nulis nota ben ora kesuwen...

agus c wrote:

a-Setidaknya ada tiga syarat yang mutlak dipenuhi yaitu kondisi perekonomian yang stabil, inflasi rendah dan stabil, serta adanya jaminan stabilitas harga.
b-Hal yang paling sulit dilakukan dengan cepat dan mudah adalah sosialisasi kepada seluruh masyarakat Indonesia yang mencapai ratusan juta jiwa....
a-tiga-tiganya mana yg tercapai?
b-terutama di daerah-daerah pelosok... kalo ng njowo tk kiro nggak terlalu sulit...

_________________
tansah kelingan pesene si mbah :
ojo dadi wong seng rumongso biso, ananging dadio wong seng biso rumongso.
Kembali Ke Atas Go down
http://mijennetwork.forumid.net
Sponsored content




PostSubyek: Re: BI: Redenominasi Rupiah Hanya Hapus Beberapa Angka Nol   Today at 8:39 pm

Kembali Ke Atas Go down
 

BI: Redenominasi Rupiah Hanya Hapus Beberapa Angka Nol

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Mijen Network :: KUDUS MEGAPOLITAN :: POLITIK, PERISTIWA, REGIONAL, INTERNASIONAL-